Mitos Terong Dan Ibu Hamil

Assalamualaikum..
Pernah gak sih kalian denger pas ada orang hamil pesennya “jangan makan terong pas hamil, nanti anaknya kisut lo..!!”
Ditempatku sering banget lo, orang tua yang ngasih pesan sama bumil kayak gitu. Di awal-awal memang ada sedikit rasa takut, tapi lama kelamaan aku kok jadi penasaran ya, apa iya sebenernya kayak gitu!

Suatu hari aku denger di pengajian. Topik bahasan sang kiyai tentang jaman penjajahan Belanda dulu, trus nyangkut juga soal orang pribumi dulu nggak dibolehin makan terong sama belanda karena takut pribumi jadi pintar dan kuat trus berani menentang mereka, jadi pesan sang kiyai kalau ada ibu hamil disuruh makan terong jadi anaknya biar cerdas dan kuat.

Dari situ rasa penasaranku makin bertambah. Kok sang kiyai bilang seperti itu ya, gimana penjelasan ilmiahnya? Setelah googling ternyata si terong memiliki manfaat yang sangat baik lo, terutama untuk bumil dan calon bayi.

Karena pada 100 gram terong memiliki 25 kilokalori dengan kandungan protein, karbohidrat, lemak, potasium, vitamin C, Vitamin B6, zat besi dan magnesium. ada juga kandungan asam klorogenat yang baik untuk tubuh.

Manfaat lainnya menekan risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, meningkatkan energi, serta menjaga kulit dan rambut tetap sehat. Sebuah penelitian mengungkapkan, asam klorogenat pada terong bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, ada juga manfaat lain seperti antioksidan, antivirus, serta mencegah kanker.

Itu untuk orang pada umunya, kalau untuk ibu hamil.

  • Mencegah terjadinya cacat lahir. Kalau bu hamil makan terong, maka hal itu akan menurunkan risiko bayi terlahir cacat. terong menjadi salah satu makanan sumber asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain asam folat, terong juga kaya akan vitamin C, niacin, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, tembaga, mangan, dan zat besi yang menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh ibu dari dehidrasi. Secara keseluruhan semua vitamin dan mineral yang terkandung pada terong mendukung perkembangan sel darah merah sekaligus perkembangan bayi menjadi lebih sempurna dan berfungsi dengan baik. Jadi bayi akan terhindar dari risiko cacat tabung saraf, seperti lahir dengan spina bifida.
  • Menangkal radikal bebas. Salah satu manfaat terong bagi ibu hamil yaitu untuk menangkal radikal bebas. Hal ini karena terong mengandung zat antioksidan cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi terong secara teratur maka sangat berguna untuk menjaga kesehatan selama hamil dan mencegah keluhan seputar kehamilan.
  • Menunjang pertumbuhan janin. Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi untuk menunjang pertumbuhan janin. Selain kalsium, ibu hamil juga membutuhkan asupan makanan yang mengandung fosfor dan magnesium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi selama hamil. Disamping itu, dua komponen tadi berguna untuk pembentukan tulang dan gigi janin.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Nasunin dan anthochyanin adalah zat antioksidan pada terong yang membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas dan mencegah risiko kerusakan sel atau DNA selama kehamilan. Selain itu, nasunin juga mencegah bayi mengalami gangguan kognitif ketika dilahirkan. Selama kehamilan, ibu hamil harus meningkatkan daya tahan tubuhnya. Makan terong akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ibu dan janin terhindar dari berbagai macam penyakit atau infeksi. Tentu ibu hamil rentan penyakit seperti flu, batuk dll yang disebabkan oleh kuman. Mau minun obat juga nggak bisa sembarangan!
  • Mengurangi kolesterol jahat. Kolestreol yang terdapat dalam makanan, ada yang bersifat jahat dan baik. Nah, terong memiliki kandungan kolesterol baik (HDL) yang tinggi sehingga mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Jadi, bila ibu hamil rutin mengonsumsi terong hal itu dapat mencegah berbagai risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti stroke atau serangan jantung.
  • Menjaga tekanan darah. Kandungan bioflavoniod dalam terong mampu menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kesehatan jantung, serta mencegah risiko komplikasi kesehatan lainnya selama kehamilan.
  • Mengatasi sembelit. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah terong membantu sistem pencernaan dalam mengolah makanan. Satu buah buah terong menyediakan sekitar 4,9 gram serat makanan. Serat tersebut dapat membuat gerakan usus lebih lancar dan baik, sehingga mencegah sembelit saat hamil.

Dan tentang mitos jaman dulu yang mengatakan terong bikin bayi kisut, sebaiknya jangan percaya deh, toh ke dua anakku nggak ngalamin kisut tuh.. padahal sewaktu hamil aku juga makan terong, mereka tumbuh seperti anak pada umumnya.
Dengan segudang manfaat yang dikandung buah terong, masih ragukah ibu hamil makan terong? Sebaiknya nggak deh..!😍

Jenis-Jenis Gaya Tulisan Ku

Assalamualaikum…


Pernah nggak kalian, pas ngerjain sesuatu trs ada inspirasi buat ditulis. Nah giliran udah didepan siap nulis eh… Malah ngeblak, hilang semua inspirasi indah yang ada dikepala. Aku sih sering banget kaya gitu! Seperti kupu-kupu yang beterbangan susah ditangkap.


Karena sejatinya nulis itu perlu mood yang baik, perasaan yang tenang, lingkungan yang mendukung. Lagi nggak mikir apapun kecuali bahan yang mau ditulis. Sebagai penulis yang cuma memanfaatkan waktu luang, yang hanya nulis suka-suka ku aja dan tergantung mood juga. Tentunya hasil buah fikiranku belum bisa sekeren blogger-blogger yang sudah senior.. 😄


Pernah aku baca blog punya teman, dia bertanya sebenarnya lebih enak mana gaya tulisan blog dengan bahasa Indonesia baku yang tentunya baik dan benar, atau dengan gaya bahasa sehari-hari yang santai dan kadang sedikit nyeleneh? Hal ini nggak bisa dipisahkan dari karakter si blogger itu sendiri, karena tiap orang memiliki ciri khasnya masing-masing yang nggak bisa dicontek. Kalau aku sebenarnya lebih suka gaya bahasa yang santai, agar pembaca juga merasa nggak tegang dan mudah dipahami. Tapi ketika aku menulis prosa tentu saja gaya bahasanya menggunakan bahasa Indonesia yang baku. Beralih ke jenis-jenis tulisanku, aku nggak akan mereview tentang tulisan teman blogger lain. Disini aku hanya menjelaskan tentang apa yang aku tulis saja.

  • Aku suka menulis prosa. Menurutku kesenangan menulis prosa adalah, kita nggak perlu memiliki patokan berapa bait juga ritme dari tulisan yang keluar dari pikiran kita. Apa yang terpikir maka itulah yang aku tulis. Toh kalau dipaksakan harus mengikuti alur maka bisa jadi nggak akan sejalan dengan pikiran kita.
  • Aku suka menulis curhatan. Kalau aku sedang nggak ingin berprosa ria, maka pilihanku saat ingin nulis adalah hal-hal sekitarku ataupun hal-hal yang pernah aku alami. Tentang perjalanan atau kejadian yang pernah aku alami. Mungkin bakal nggak guna buat orang lain, tapi paling tidak bisa buat pengingat kalau aku tua nanti. 😎
  • artikel yang serius. Nah, kalau yang ini tergantung kebutuhan. Kalau sedang atau perlu nulis yang serius maka pilihannya seperti artikel tentang liputan atau kesehatan dll.


Itu dia jenis-jenis gaya tulisanku, yang mungkin bagi sebagian orang tulisan ini nggak ada gunanya, tapi tulisan-tulisan ini yang aku jadikan pengingat saat aku tua nantinya agar ketika anak-anak ku sudah besar nantinya, mereka jadi tau emaknya pernah nulis yang nggak ada gunanya seperti ini.. 😎😎


Wassalamualaikum…

Berburu takjil di berbagai tempat yang menyenangkan.

Assalamualaikum..

Di bulan Ramadhan umat muslim menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, lapar pasti, haus tentu apalagi sambil kerja tapi karena sudah kewajiban jadi harus kuat ya.


Masyarakat juga berlomba-lomba mendapatkan pahala di bulan baik ini, bisa berupa apa aja, di mulai dari hal kecil misalnya berbagi masakan ke tetangga, sedekah ke mushola atau masjid atau gabung dikomunitas yang sering bagi-bagi takjil atau nasi bungkus.


Di masjid namira tiap waktu berbuka tiba selalu diadakan buka bersama, saat masuk pelataran masjid kita diberi air mineral, kurma dan kartu. Kartu ini nanti ditukar nasi bungkus , diawali dengan tausiyah ustadz atau kiyai sambil menunggu azan magrib tiba, kemudian saat adzan magrib berkumandang bersama-sama kita membatalkan puasa dengan air mineral dan kurma. Setelahnya kita sholat berjamaah, selesai sholat kita baru menukarkan kartu tadi untuk mengambil nasi bungkus.

Antrian yang panjang selalu terjadi di area nasi bungkus, entah karena budaya Indonesia yang malas mengantri hingga berdesak-desakan, atau karena perut yang sudah lapar dan takut kehabisan jatah nasi. Padahal panitia selalu menyediakan sekian ribu bungkus nasi dan lauk pauk untuk dewasa dan untuk anak-anak ada sepaket nasi dan fried chicken, jadi jangan takut kehabisan.


Kalau itu keseruan di masjid Namira Lamongan. Di masjid dalam area RS Muhammadiyah lamongan juga diadakan buka bersama, mungkin lebih tepatnya pagi penunggu pasien yang nggak sempat pergi membeli makanan diluar.


Dimasjid desaku juga di sediakan takjil dan nasi bungkus, yang kebagian masak juga bergiliran tiap RT. Di desaku terdapat 14 RT, jadi dalam sebulan 1 RT dapat tugas masak 2kali.

Di beberapa rumah makan menyediakan takjil gratis, dalam bentuk puding dan teh atau kurma. Jadi sembari menunggu pesanan kita datang, kita bisa membatalkan puasa dengan takjil gratisan tersebut.

Ada juga beberapa komunitas yang bagi-bagi takjil di perempatan jalan raya, atau didepan kantor atau di terminal yang sudah ditentukan oleh penyelenggara. seperti temanku, dia mendirikan komunitas nasi bungkus, mereka mencari donatur dan tiap hari jumat dititik yang sudah ditentukan mereka membagi-bagi nasi bungkus pada tukang becak, ibu-ibu yang kerja dipasar atau siapapun yang membutuhkan.


Yang penting memang niat berbagi dan ke ikhlasannya, Berbagi tidak harus selalu dengan hal yang besar, dimulai dari hal-hal kecil aja dulu. Sudahkah kita berbagi hari ini?!

Lebaran sudah dekat, repotnya menyiapkan pernak pernik lebaran.

Assalamualaikum..
Siapa sih yang mengawali tradisi lebaran musti beli baju baru? Sendal baru? Ngasih angpau untuk anak kecil? Dan di meja tamu mesti berjejer toples dengan isi macam-macam cemilan? Dari aku mulai mengerti dunia juga tradisi seperti itu sudah ada, dan bisa-bisa dari jaman nenek moyang dulu ya.. tapi mungkin model bajunya aja yang beda dan isi toplea tentu lebih bervariatif sekarang, dulu kita suka tertipu isi dari si toples merah kotak yang tersohor itu, udah semangat banget bukanya.. eh isinya rengginang, marning atau paling banter rempeyek buatan emak.. wkwkwk…


Jaman sekarang orangnya lebih kreatif, yang hobi bikin kue-kue pasti mereka bikin sendiri. Dan kalau enak dan layak jual maka mereka juga menerima pesanan. Seperti sepupu ku, dia hobi bikin kue karena suka di ajarin sama mertuanya, akhirnya sepupu ku suka bikin sendiri di rumah kalau sehari-hari menerima pesanan kue basah, maka saat bulan puasa gini dia banjir pesanan kue kering, jenisnya pun bermacam-macam ada nastar, kue kacang, putri salju dll. Dan tahun ini dia sudah membuat label nama kue nya. Kemajuan kan!


Tetanggaku juga ada yang kompak buat kue kering sendiri yang dikerjakan sesama saudara, giliran gitu buatnya. Karena rumahnya juga berjejer tentu senang aja buatnya, hari ini bikinin si a, besok bikinin si b, besoknya lagi si c begitu seterusnya mereka 5 bersaudara. Dan bisa dipastikan isi toples lebaran mereka juga sama semua.. hhh.. kue yang mereka buat biasanya uler-uleran, kacang goreng, kacang sembunyi, kemplang dll.


Dan, type berikutnya adalah team anti ribet yaitu beli aja!! Bagi yang nggak bisa bikin, atau males bikin. Mungkin alesannya males lah, udah puasa masi juga capek-capek bikin cemilan mana pasti berurusan dengan penggorengan atau oven, panas..


Type yang seperti ini pasti lebih simple, tinggal beli di pasar atau toko-toko udah banyak. Berbagai macam dan rasa tinggal milih aja sesuai selera. Dan momen seperti ini tentu nggak boleh terlewatkan juga buat aku, sudah 2 tahun ini aku menggeluti bisnis cemilan lebaran. Sebenarnya bukan cuma pas lebaran sih, hari-hari biasa juga cemilan selalu ready stok, cuma karena awal hamil kemaren sakit sampe harus bad rest jadi ya harus vakum bentar, dan momen lebaran ini aku nggak boleh ketinggalan berburu rejeki dong!

Aku memang nggak bikin sendiri cemilannya tapi aku kulakan di toko grosir lalu aku ecer aja. Dan aku jualnya gak kemana-mana kok, lapakku di dalam rumah, pemaaarannya aku memanfaatkan sosial media dan bagi yang bukan pengguna sosmed ya dari mulut ke mulut aja. Cemilan yang aku jual berbagai macam, sebisa mungkin aku mengikuti tren pasar, dari mulai kue-kue kering, kacang-kacangan sampai jenis kerupuk semua ada. Dan kalau customer ada yang pesan diblain yang tersedia maka aku dengan senang hati akan mencarikan.


Pengalaman tahun lalu memang sangat berkesan, apapun permintaan customer sebisa mungkin aku sediakan biarpun konsekuensinya harus selalu berada di jalan raya, pake motor dalam keadaan puasa pula, tapi euforia nya bikin seneng aja! Semacam, kalau ada yang percaya sama kita itu seperti reward yang nggak bisa dijelaskan dengan kata-kata.. ih mulai deh lebaynya!!


Tapi ya emang itu kenyataannya!
Hal yang sama pun terjadi sama penjual baju lebaran, tradisi membeli baju baru membuat para pedagang baju jadi kebanjiran pembeli. Di pasar-pasar, di mall pembeli sampai bejubel ngrubutin calon-calon gombal.. hhhh


Pedagang toples, sendal sepatu, horden, kerudung dan mukena sudah pasti sama juga ceritanya. Alhamdulillah momen ramadhan selalu bikin para pedagang hepi.


Semoga rejeki para pembeli juga lancar jadi pedagang seperti aku juga laris manis tanjung kimpul, dagangan laris duit ngumpul..!! Amiin..